Kelebihan AMP Untuk SEO Website

digital marketing agency

Digital marketing agency – Di tahun 2018, Google sempat mengatakan jika 53% pengunjung website akan meninggalkan halaman yang mempunyai load time lebih dari 3 detik. Beruntungnya di tahun 2016, Google sudah mengeluarkan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP). Dimana teknologi ini mampu membuka halaman website kurang dari satu detik. Artinya AMP ini bisa sangat membantu meningkatkan kecepatan (load time) website. AMP memang bisa membuat halaman website menjadi lebih cepat terbuka pada perangkat mobile. Tetapi tidak semua halaman bisa memakai AMP Google. Pemakaian AMP ini hanya bisa dipakai pada halaman berisi konten statis. Misalnya berita atau artikel. Untuk website yang sudah menggunakan AMP, akan diberi tanda petir di hasil pencarian Google di perangkat mobile.

Beberapa Kelebihan Website yang Menggunakan AMP

Pada dasarnya menggunakan AMP merupakan upaya meningkatkan pengalaman pengguna dalam melakukan pencarian di seluler. Menggunakan AMP membuat website bisa membuat Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Nah berikut ini beberapa kelebihan AMP untuk website Anda.

  1. Loading Halaman Super Cepat

Memakai AMP seringkali dikaitkan dengan kecepatan. Salah satu alasannya adalah karena halaman yang dibuka oleh pengunjung merupakan halaman cache disimpan oleh indeks Google. Jadi ketika pengunjung menemukan artikel blog dalam penelusuran Google. Maka halaman tersebut tidak akan bisa langsung diakses lewat server website. Melainkan halaman cache yang tersimpan mesin pencari pada data index khusus mobile. Satu klik, halaman AMP akan bisa tampil super cepat untuk pengguna mobile dan tablet. Untuk mendapatkan fitur ini tentunya webmaster harus bisa memastikan bahwa halaman yang di index mesin pencari dinyatakan valid atau mendukung fitur AMP.

  1. Beban Server Jadi Lebih Ringan

Menggunakan AMP membuat tidak terlalu banyak menguras server meskipun ada banyak yang mengakses. Hal ini karena halaman yang dikunjungi adalah halaman cache yang tersimpan pada index mesin pencari. Bisa dikatakan jika pemakaian AMP ini membuat beban situs menjadi lebih ringan.

  1. Tampilan Ringan Mobile Friendly

AMP sendiri sangat spesifik ketika menampilkan halaman untuk perangkat mobile dan tablet. Video, gambar dan animasi bisa tampil presisi yang sempurna dan ringan. Selain itu, koneksi yang lambat bukan menjadi masalah besar bagi pengguna AMP. Ketika koneksi internet lambat, halaman blog akan tetap terbuka lewat fitur Google Web Light. Yang mana akan menyuguhkan tampilan blog sederhana sesuai koneksi penggunanya.

  1. Meningkatkan Ranking Google

Perlu diketahui bahwa AMP merupakan bagian dari proyek Google untuk peningkatan halaman pengguna. Meskipun bukan sepenuhnya menjadi penentu, namun fitur ini dipercaya memiliki pengaruh besar bagi sebuah website. Terlebih AMP berimbas pada kecepatan loading halaman website. Kecepatan website (load pages) sendiri adalah salah satu tolak ukur mengapa halaman mendapatkan peringkat tinggi di search engine.

  1. Plugin Gratis

Juga perlu diketahui bahwa AMP ini merupakan sebuah plugin gratis. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk mendapatkan plugin AMP ini. Namun tetap saja harus dipastikan apakah halaman website cocok disematkan AMP atau tidak.

Nah itulah beberapa kelebihan dari penggunaan AMP untuk sebuah website. Disamping ada kelebihan, pastinya juga ada kekurangan. Seperti membuat tampilan konten menjadi lebih sederhana, blocking iklan, blocking JavaScript, blocking Plugin dan Widget. Meskipun demikian, pemakaian AMP sampai sekarang ini masih banyak di website-website. Jika Anda ingin mencoba menggunakan AMP ini, pastikan terlebih dahulu apakah website bisa menerima keberadaan AMP atau tidak.