Jenis Bahan Kain Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Aneka Jaket

Jaket merupakan baju luaran panjang hingga pinggang atau pinggul. Yang mana memiliki fungsi untuk menahan angin dan menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin. Untuk model jaket pria dan wanita biasanya berbeda baik itu dari pilihan warna, pemotongan dan bentuknya. Hampir semua jaket memang menggunakan bukaan dan resleting atau kancing. Dimana terpasang pada bagian depan dari leher hingga ujung bawahnya. Akan tetapi ada beberapa jaket yang juga tidak menggunakan bukaan pada bagian depannya. Selain itu untuk jenis bahan kain yang digunakan untuk pembuatan jaket sangat beraneka ragam. Mulai dari bahan jaket yang tipis yang tebal. Jadi tidak semua jenis bahan jaket bisa dipakai untuk semua model jaket. Dengan memilih bahan jaket yang sesuai dan juga tepat dengan kebutuhan memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab dalam pemilihan bahan yang mana akan mempengaruhi kualitas dari jaket yang akan dihasilkan. Hal ini sudah ada banyak sekali macam-macam bahan jaket yang sudah tersebar di pasaran dan karakteristik yang juga berbeda.  

Jenis Bahan Kain Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Aneka Jaket

Jenis Dan Karakteristik Bahan Kain Yang Digunakan Untuk Jaket

Ada banyak bahan jaket yang bisa anda pilih untuk membuat jaket yang anda inginkan. Memilih bahan jaket yang baik adalah bahan kain yang bisa menahan panas tubuh sehingga bisa membuat penggunanya akan terasa hangat. Contohnya kain yang berbahan fleece, untuk model kain yang satu ini memiliki tekstur lembut dan juga halus. Biasanya untuk jaket yang mana menggunakan bahan fleece sangat cocok digunakan saat musim dingin karena menghangatkan badan. Namun berbeda dengan jaket yang berbahan parasut, bahan yang satu ini cukup kaku namun terlihat eksklusif saat di pakai. Manfaat dari jaket parasut memang sangat cocok dipakai pada saat berkendara karena sangat kedap angin. Selain itu ada baiknya anda memilih bahan yang memiliki karakteristik khusus misalnya bahan yang kuat, tidak mudah sobek, awet, mudah kering, ringan dan lebih bagus anti air. Untuk anda yang masih bingung memilih bahan yang tepat untuk membuat jaket, berikut ini jenis bahan yang perlu anda ketahui.

  • Bahan fleece

Untuk jenis bahan yang satu ini pada umumnya terbuat dari campuran cotton dan wol. Yang mana bahan ini memiliki bulu yang halus, tekstur yang lembut dan memiliki sifat menyerap air yang baik. Bahan ini memiliki sifat yang empuk, halus dan juga hangat. Jadi bahan yang satu ini sangat cocok untuk membuat jaket, sebab bahan fleece ini sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat. Oleh karena itu ada baiknya untuk jaket fleece ini tidak digunakan pada cuaca panas terik. 

  • Bahan parasut

Untuk jenis bahan yang satu ini adalah jenis bahan yang sangat tipis dan cenderung kedap air dan angin sehingga sangat cocok digunakan pada musim hujan. Untuk bahan parasut juga sangat mudah untuk perawatannya karena sangat mudah untuk dibersihkan dan sebaiknya tidak terlalu kering saat di cuci. Sifat dari bahan parasut yang kedap air dan angin ini maka tidak bisa menyerap keringat dan disarankan untuk memakai jaket berbahan parasut pada saat cuaca panas. 

  • Bahan Taslan

Untuk jenis bahan kain yang satu ini sangat populer untuk dijadikan jaket karena memiliki sifat bahan yang anti air/waterproof. Sepintas bahan kain yang satu ini mirip dengan parasut, tetapi untuk jenis bahan Taslan ini lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibandingkan tas parasut. Bahan taslan ini sangat cocok untuk digunakan untuk membuat jaket motor, jaket varsity, rompi dan jaket outdoor yang lainnya.