BERBAGAI JENIS MAKANAN TERBUAT DARI SINGKONG

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang menjadi makanan pokok banyak orang . Singkong  mengandung karbohidrat yang tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Singkong mudah dibudidayakan karena tidak butuh banyak perawatan. Dan singkong juga bisa tumbuh di lahan yang kering. Sebagai sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong kerap dijadikan macam-macam olahan makanan. Olahan singkong biasanya identik dengan makanan tradisional, namun saat ini juga sudah banyak orang yang mengkreasikan menjadi makanan yang kekinian. Berikut ini beberapa olahan makanan yang berbahan dasar singkong yaitu:

  • Gethuk 

Gethuk merupakan makanan khas daerah yang berbahan dasarkan singkong. Makanan manis ini terbuat dari singkong yang direbus kemudian ditumbuk sampai halus. Dengan campuran gula dan biasanya disajikan dengan sedikit parutan kelapa. 

  • Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas yang terbuat dari gaplek. Gaplek yaitu singkong yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk. Kemudian bubuk tersebut dicampur dengan air lalu di kukus. Makanan ini memiliki rasa manis khas singkong  dengan warna kecoklatan. Tiwul biasanya disajikan sebagai pengganti nasi. 

  • Timus

Timus merupakan salah satu jajanan tradisional berbahan dasar singkong parut dan kelapa parut. Memiliki rasa manis dan berwarna merah kecoklatan, yang berasal dari campuran gula merah yang diaduk dengan adonan.

  • Tape

Tape merupakan olahan makanan dari hasil fermentasi singkong. Untuk membuatnya singkong dikukus terlebih dahulu kemudian  singkong diberi ragi lalu difermentasi. Sehingga menghasilkan singkong yang lunak dengan rasa yang manis dan sedikit asam.

  • Lemet

Lemet merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar singkong parut, kelapa dan gula. Lemet memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang berasal dari gula merah. Biasanya dibungkus menggunakan daun pisang seperti lontong.

  • Keripik singkong

Merupakan camilan dari singkong yang diiris tipis lalu direndam dalam air yang sudah dicampur dengan kapur sirih . Hal ini bertujuan agar singkong menjadi renyah lalu tiriskan singkong yang sudah direndam tadi . Kemudian irisan singkong tersebut digoreng lalu diberi bumbu beraneka rasa. 

  • Cenil

Cenil merupakan makanan yang terbuat dari pati singkong yang sudah dijadikan adonan. Biasanya berbentuk bulat atau kotak-kotak kecil dan diberi pewarna makanan sesuai keinginan. Setelah itu direbus sampai matang dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau disiram air gula merah.

  • Klepon singkong

Klepon merupakan kue khas daerah yang berbahan dasar singkong dan tepung ketan. Adonan singkong dan tepung kanji biasanya diberi perasan daun suji. Jika adonan sudah kalis maka bentuk bulatan kecil dan diberi isi gula merah di tengahnya. Kemudian kukus hingga matang, biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau taburan gula halus. 

  • Sawut

Sawut terbuat dari singkong yang diparut kasar dan dicampur dengan gula merah. Dan biasanya di sajikan dengan memberi parutan kelapa di atasnya. Memiliki rasa yang manis, gurih dan tekstur seperti serabut. 

  • Singkong keju

Makanan ini memiliki rasa gurih, dengan tekstur empuk dan lumer dimulut. Untuk membuatnya campur garam dan keju ke dalam susu dan gunakan untuk merendam singkong yang sudah dikukus. Diamkan  beberapa menit, lalu goreng singkong tadi sampai kecoklatan dan taburi dengan keju parut saat penyajiannya. 

Nah itulah beberapa olahan berbahan dasar singkong yang bisa anda coba buat dirumah. Selain bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi dan menjadi olahan makanan yang bermacam-macam. Singkong juga memiliki banyak kandungan yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *