ATASI BERBAGAI PENYAKIT DENGAN MENGKONSUMSI DAUN MELINJO

ATASI BERBAGAI PENYAKIT DENGAN MENGKONSUMSI DAUN MELINJO

Pohon melinjo ini merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kehidupan manusia. Pohon melinjo ini memiliki buah yang berbentuk lonjong dan kecil. Buah ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan makanan yang sedap dan nikmat. Selain itu, isi buah melinjo ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan camilan. Biasanya isi melinjo ini di buat camilan emping. Cita rasa dari emping ini sedikit pahit, namun bisa ditambahkan dengan bumbu pedas, asin, hingga rasa manis. Olahan isi melinjo ini memang beragam, tak heran jika banyak masyarakat indonesia ini yang menyukai cemilan dari melinjo ini. Melinjo ini memiliki nama ilmiah yakni Gnetum gnemon merupakan jenis Gnetum asli Asia Tenggara. Melinjo ini juga sudah pasti masuk dalam daftar bahan olahan sayur asem. Melinjo ini selain dapat dijadikan sebagai bahan makanan, melinjo ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali pada daunnya. Daun melinjo ini juga sering dijadikan sebagai obat herbal yang banyak memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Seperti zat antioksidan, Saponin, Flavonoid, Tanin, Karbohidrat, Zat besi, Vitamin C, Protein, Magnesium, Zinc, Potasium, dan Fosfor.

Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh

Melinjo ini memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, tak heran jika banyak orang yang menikmati daun melinjo ini. Memang rasanya yang sedap dan nikmat ini banyak orang yang selalu mengkonsumsi nya. Selain enak dan nikmat, daun melinjo ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak penjelasan manfaat daun melinjo bagi kesehatan tubuh;

  • Menurunkan resiko penyakit batu ginjal
    Khasiat dari daun melinjo ini juga baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Pohon melinjo, baik dari buah maupun daunnya mengandung mineral potasium. Sebuah penelitian membuktikan bahwa potasium ini dapat membantu menurunkan kadar kalsium pada batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini juga dipicu oleh banyaknya kadar kalsium.

  • Menurunkan resiko penyakit kanker

Daun melinjo ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang mana dapat membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker. Kandungan antioksidan pada daun melinjo ini dapat membunuh serangan radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Sehingga mengkonsumsi daun melinjo ini dapat membantu anda dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker. Konsumsi secara rutin daun melinjo ini dengan cara meminum air rebusan daun melinjo atau olahan makanan.

  • Mengatasi infeksi penyebab bakteri

Daun melinjo ini dapat bermanfaat untuk tubuh, yakni dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini sebab terdapat kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang ketiga senyawa ini mengandung sifat antibakteri.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Daun melinjo ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Daun melinjo ini dapat menyembuhkan luka sebab, zat yang terkandung yaitu mineral zinc ini dapat berfungsi untuk memproduksi kolagen, sehingga kolagen inilah yang dapat membantu membentuk kulit baru yang terkena luka.

  • Menjaga kesehatan kulit

Daun melinjo ini memiliki segudang kandungan senyawa antioksidan yakni flavonoid, saponin, tanin, dan vitamin C. Zat yang terkandung tersebut juga dapat bermanfaat untuk menjaga, merawat, dan juga mencegah terjadinya masalah kesehatan kulit seperti penuaan dini. Penuaan dini ini terjadi karena rusaknya sel-sel kulit yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Kandungan senyawa vitamin C daun melinjo ini belum diketahui pasti keefektifan nya, akan tetapi dengan mengkonsumsi daun melinjo juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *